Kuliah umum Rapid & Easy Manufacturing

Rabu (19/11/2014) Prodi Teknik Industri UII menerima tamu dari PT. Datascrip selaku salah satu sales distributor 3D printing dan 3D scanner di Indonesia. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membuka wawasan untuk mahasiswa terkiat dengan perkembangan teknologi manufaktur. Dengan adanya tuntutan pasar yang cukup tinggi, kami berupaya untuk mengikuti trend yang ada, untuk itu kami harapkan para mahasiswa agar selalu up to date terhadap teknologi yang ada. 3D Scanner dan 3D Printing merupakan salah satu teknologi yang sedang naik daun, karena kecepatan manufaktur dalam pemodelanya, sehingga kita bisa melihat bentuk riil dari desain produk yang kita rancang, ungkap Bapak Yuli Agusti Rochman, ST, M.Sc selaku KaProdi teknik Industri dalam memberikan sambutanya. dalam agenda ini dihadiri pula oleh Muchamad Sugarindra, ST, MT dan M. Ragil Suryoputro, ST, M.Eng selaku dosen Prodi Teknik Industri UII.
 
Saat ini disektor industri manufaktur dan otomotif berlomba memasarkan produk – produk terbaru mereka secepat mungkin dipasaran. Sebuah model produk, kini memiliki daur waktu hidup yan pendek. Kita ambil contoh model–model mobil, sepeda motor, peralatan rumah tangga, dapat dikatakan berganti model tiap enam bulan sekali. Untuk membuat sebuah produk, biasanya industri membuat dahulu model / prototype/ design produk. Baik berupa miniatur dalam skala tertentu atau dalam ukuran sebenarnya. 
 
Saat  ini kebutuhan design produk, masih terkendala dengan masalah waktu, tingkat akurasi produk dan biaya pembuatan yang cukup tinggi. Pembuatan design produk tidak hanya berbatas pada divisi research and development suatu industri, tapi juga banyak diciptakan dari ide – ide baru yang dikembangkan oleh mahasiswa, hobbies bahkan siswa sekolah. Bahkan kenyataannya tidak hanya dalam industri manufaktur dan otomotif yang melahirkan bentuk – bentuk produk baru saja, bidang lainnya seperti medis dan sistem informasi geografis pun memerlukan alat bantu permodelan untuk mendukung pengukuran dan penelitiannya.
 
Karena itu diperlukan suatu alat bantu permodelan yang dapat membantu menampilkan ide – ide tersebut kedalam suatu bentuk riil seperti halnya printer 3D. Printer 3D merupakan suatu alat bantu yang dapat menghasilkan model atau obyek yang tadinya kita imajinasikan di komputer berbentuk gambar/ konsep/ design menjadi bentuk 3 dimensi. Pengenalan mengenai 3D Prototyping dan 3D Printer sebagai salah satu alat bantu komunikasi dari prototyping itu sendiri bahkan dapat dimulai dari anak – anak sekolah karna teknologi ini perlu diperkenalkan sedini mungkin agar kedepannya, sebagai calon pengguna teknologi, mereka sudah terbiasa menciptakan ide – ide kreatif.