Kompetensi Progran Studi Teknik Indsutri

Kompetensi PS-TI-UII

A. Pengetahuan dan Pemahaman (Knowledge and understanding)
Pengetahuan dan Pemahaman (Knowledge and understanding)
A1
Mampu mengidentifikasikan, memformulasikan, dan memecahkan masalah-masalah perancangan maupun perbaikan sistem integral yang terdiri dari manusia, material, informasi, peralatan dan energi secara kreatif dengan menggunakan alat-alat pokok analitikal, komputasional dan/atau eksperimenta
A2
Mempunyai wawasan kemandirian dalam berwirausaha.
A3
Mempunyai keunggulan dalam keilmuan ke-Islaman dan pengetahuan tentang perkembangan teknik industri
A4
Literatedalam teknologi informasi untuk pengembangan dan perbaikan sistem industri.
A5
Memahami dan menyadari tanggung jawab profesi dan etika
Strategi dan metode pengajaran/ pembelajaran (Teaching/learning methods and strategies)
ü  Materi pembelajaran lebih ditekankan pada pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep dasar keilmuan,
ü  Metode pembelajaran ditekankan pada Student Centered Learning (SCL), yaitu memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mengembangkan sumber belajar seluas-luasnya, berdasar silabi, Satuan Acara Perkuliahan (SAP), dan arahan dosen pengampu,
ü  Metode pembelajaran SCL yang bersesuaian dengan kompetensi ini adalah kuliah, small group discussion, danself-directed learning,  yang diarahkan untuk melatih menelusuri, menemukan, menurunkan, dan merumuskan konsep,
v  Model pembelajaran ditekankan pada giving a talk, participating in a discussion dan simullating the real experience. 
Penilaian (Assesment)
üSecara umum komponen penilaian dari kompetensi ini adalah:
–          Attitude  (jujur, kesungguhan dalam mengerjakan tugas, responsif, keaktifan di kelas, dan mempunyai rasa ingin tahu)
–          Skill(kemampuan menghitung dengan benar, kemampuan menjelaskan secara tertulis dan lisan)
–          Knowledge(kemampuan menjelaskan secara benar, membedakan, dan memilih metode analisis serta menetapkan langkah-langkah penyelesaian masalah)
üKomponen penilaian kompetensi tersebut, diukur melalui media atau evaluasi sebagai berikut:
–          Evaluasi terjadwal berupa: ujian reguler dan ujian semester pendek, yang terdiri dari Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS).  Semua ujian ini diselenggarakan sesuai dengan kalender akademik dengan koordinasi dibawah Dekan,
–          Evaluasi tidak terjadwal berupa: tugas, test dan sejenisnya, yang sepenuhnya diserahkan pada dosen pengampu,
–          Evaluasi akhir berupa: kolokium yang dilaksanakan menjelang mahasiswa ujian pendadaran.
–          Ujian pendadaran (ujian Tugas Akhir)
 
B.      Ketrampilan dan Sifat-sifat Lain (Skill and other attributes)
b.1 Ketrampilan intelektual/berpikir  àmampu (Intellectual/thinking skills – able to)
Ketrampilan intelektual/ berpikir  àmampu (Intellectual/thinking skills – able to)
B1
Mampu mengimplementasikan hasil-hasil pemecahan masalah dan mempunyai wawasan luas dibidang keteknik industrian sehingga dapat memahami dampaknya terhadap konteks sosial, lingkungan dan konteks lokal maupun global
B2
Mampu beradaptasi terhadap teknik dan alat analisis baru yang diperlukan dalam menjalankan praktek profesi ke-teknik-industrian-nya
B3
Mampu berkomunikasi dan bekerja-sama secara efektif
B4
Mampu memanfaatkan teknologi informasi untuk menunjang perbaikan system bisnis dan industry.
B5
Mampu melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi dan belajar sepanjang hayat
Strategi dan metode pengajaran/ pembelajaran (Teaching/learning methods and strategies)
üMateri pembelajaran ditekankan padadesain, perbaikan, dan instalasi sistem yang terintegrasi antara manusia, bahan, peralatan informasi, dan energiyang didasarkan padapengetahuan dan ketrampilan khusus dalam ilmu matematika, fisika, dan sosial, untuk mendapatkanprinsip-prinsip dan metode analisis rekayasa sehingga mampumenentukan, memprediksi dan mengevaluasi hasil yang akan diperoleh dari sebuah system industri.
–          Mengkombinasikan atau mengintegrasikan beberapa mata kuliah untuk menyelesaikan persoalan nyata dan pendalaman pemahaman,
–          Metode pembelajaran ditekankan pada SCL melalui kuliah, doing a dramatic presentation, case study, small group discussion, self-directed learning,  yang diarahkan untuk melatih menerapkan metode statistika, menyelesaikan kasus, mengembangkan ilmu statistika, dan mengeksplorasi penerapan statistika, 
–          Model pembelajaran ditekankan pada doing the real thing, participating in a discussion,  dan simullating the real experience.    
Penilaian (Assesment)
ü  Secara umum komponen penilaian dari kompetensi ini adalah:
–          Attitude  (jujur, kesungguhan dalam mengerjakan tugas, responsif, keaktifan di kelas, dan mempunyai rasa ingin tahu)
–          Skill(kemampuan menghitung dengan benar, kemampuan memilih dan menerapkan metode statistika, kemampuan menjelaskan secara tertulis dan lisan, serta kemampuan mengembangkan ilmu statistika)
–          Knowledge(kemampuan menjelaskan secara benar, pengetahuan dalam membedakan, memilih dan menerapkan metode statistika, serta menetapkan langkah-langkah penyelesaian masalah)
ü  Komponen penilaian kompetensi tersebut, diukur melalui media atau evaluasi sebagai berikut:
ü  Evaluasi terjadwal berupa: ujian reguler dan ujian semester pendek. Semua ujian ini diselenggarakan sesuai dengan kalender akademik dengan koordinasi di bawah Dekan,
ü  Evaluasi tidak terjadwal berupa: tugas, test, kuis,  tugas lapangan, presentasi, dan sejenisnya, yang sepenuhnya diserahkan pada dosen pengampu,
ü  Evaluasi akhir berupa: kolokium yang dilaksanakan menjelang mahasiswa ujian pendadaran,
ü  Ujian pendadaran.
 
b2.  Ketrampilan praktis  à  mampu  (Practical skills – able to)
Ketrampilan praktis (Practical skills – able to)
C1
Trampil dalam memanfaatkan teknologi informasi
C2
Mahir mengoperasikan perangkat lunak  ERP
C3
Mampu menerjemahkan dan menganalisis fenomena di bidang sosial,  bisnis & industri kedalam kerangka berpikir Teknik Industri, serta dapat menyimpulkan pada konteks permasalahan semula
 
C4
Mampu berkomunikasi aktif secara lisan maupun tulisan dalam forum ilmiah.
Strategi dan metode pengajaran/ pembelajaran (Teaching/learning methods and strategies)
ü  Materi pembelajaran lebih ditekankan pada pengetahuan dan pemahaman serta pemanfaatan teknologi informasi dalam mendukung kinerja bisnis dan industri.
ü  Mengintegrasikan beberapa disiplin ilmu yang saling mendukung untuk pengembangan dan pengayaan implementasi statistika,
ü  Menekankan pada pelaksanaan praktikum, yaitu memberikan kemampuan praktis dan kemampuan teknis kepada mahasiswa dalam mengoperasikan software- software terkait, dan teknologi informasi pendukung, serta latihan membuat laporan penyelesaian berbasis studi kasus dengan menggunakan komputer,
ü  Metode pembelajaran ditekankan pada SCL melalui kuliah, praktikum, case study, small group discussion, role-play & simulation,  yang diarahkan untuk trampil dalam menggunakan software , dan trampil dalam   menerapkan pola pikir sistematis, dan menyelesaikan kasus,
ü  Model pembelajaran ditekankan pada doing the real thing, participating in a discussion,  dan simullating the real experience.    
Penilaian (Assesment)
ü  Komponen penilaian dari kompetensi ini adalah:
–          Attitude  (jujur, kesungguhan dalam mengikuti praktikum, kesungguhan dalam mengerjakan tugas, responsif, keaktifan di kelas, keaktifan saat praktikum, dan mempunyai rasa ingin tahu)
–          Skill(kemampuan mengoperasikan software statistika dan komputer, kemampuan menangani trouble komputer, serta kemampuan menjelaskan secara tertulis dan lisan)
–          Knowledge(kemampuan menjelaskan secara benar, membedakan, memilih metode analisis, memilih software yang relevan, serta menetapkan langkah-langkah penyelesaian masalah)
ü  Komponen penilaian kompetensi tersebut, diukur melalui media atau evaluasi sebagai berikut:
ü  Evaluasi terjadwal berupa: ujian reguler, yang terdiri dari pre test, laporan praktikum, dan responsi praktikum. Semua ujian ini diselenggarakan sesuai dengan kalender akademik dengan koordinasi dibawah Dekan, Ketua Jurusan dan Koordinator Laboratorium,
ü  Evaluasi tidak terjadwal berupa: tugas praktikum, tugas lapangan, presentasi, tugas praktikum, dan sejenisnya, yang sepenuhnya diserahkan pada dosen pengampu,
ü  Evaluasi akhir berupa: kolokium yang dilaksanakan menjelang mahasiswa ujian pendadaran,
ü  Ujian pendadaran.
 
b3.  Ketrampilan managerial àmampu  (Managerial skills – able to)
Ketrampilan managerial àmampu (Managerial skills – able to)
D1
Mempunyai akhlaq mulia
D2
Mempunyai kepribadian, kemandirian dan sikap kepemimpinan yang berjiwa Islam
D3
Mampu berkomunikasi ilmiah dengan tingkat emosional yang matang
D4
Mampu bekerja sama dalam tim dengan pakar dalam bidang lain
Strategi dan metode pengajaran/ pembelajaran (Teaching/learning methods and strategies)
üMateri pembelajaran lebih ditekankan pada pengetahuan dan pemahaman yang berkaitan dengan wawasan keilmuan ke-Islaman, kewarganegaraan, kepemimpinan, dan peradaban Islam,
üMetode pembelajaran ditekankan pada SCL melalui kuliah, presentasi/seminar, small group discussion, self-directed learning,  yang diarahkan untuk melatih berkomunikasi ilmiah, dan bekerjasama dalam tim,  
üModel pembelajaran ditekankan pada participating in a discussion, doing a dramatic presentation, dan simullating the real experience.
Penilaian (Assesment)
ü  Komponen penilaian dari kompetensi ini adalah:
–          Attitude  (jujur, kesungguhan dalam mengerjakan tugas, kemandirian, kepribadian, kepemimpinan, emosional, responsif, keaktifan di kelas, sikap dalam kerjasama, dan mempunyai rasa ingin tahu)
–          Skill(kemampuan berkomunikasi, dan kemampuan bekerjasama dalam tim)
–          Knowledge(kemampuan menjelaskan secara benar, kemampuan membedakan dan memilih kalimat untuk berkomunikasi, serta menetapkan langkah-langkah penyelesaian masalah)
ü  Komponen penilaian kompetensi tersebut, diukur melalui media atau evaluasi sebagai berikut:
–          Evaluasi terjadwal berupa: ujian reguler dan ujian semester pendek, yang terdiri dari Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS).  Semua ujian ini diselenggarakan sesuai dengan kalender akademik dengan koordinasi dibawah Dekan,
–          Evaluasi tidak terjadwal berupa: presentasi/seminar/ diskusi, tugas, test dan sejenisnya, yang sepenuhnya diserahkan pada dosen pengampu,
–          Evaluasi akhir berupa: kolokium yang dilaksanakan menjelang mahasiswa ujian pendadaran.
–          Ujian pendadaran (ujian Tugas Akhir)
 

Sasaran Mutu PS-TI-UII

–        Berkarya dalam tahun pertama minimal 70%
–        Tepat waktu studi minimal 80%
–        Nilai kinerja dosen ≥ 3,00 (skala 0 s/d 4) minimal 90%
–        Indeks prestasi NKKU bidang Agama ≥ 3,00 minimal 90%
–        Nilai praktek ibadah dengan hasil “baik” minimal 90%
–        Nilai latihan Kepemimpinan Islam Dasar dengan hasil “baik“ minimal 90%


 
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan