Metode Pembelajaran Blended Learning Pada Matakuliah Logika Pemrograman

Metode pembelajaran Blended Learning

Blended learning perpaduan yang baik antara pengalaman pembelajaran daring dan luring. Sehingga kekuatan atau kelebihan antara pembelajaran daring dan tatap muka dapat tercampur menjadi pengalaman belajar yang unik sesuai dengan tujuan pendidikan. Kondisi pembelajaran diharapkan lebih dinamis dan kondusif. Metode blended ini memungkinkan dosen untuk tetap memantau dan mendorong mahasiswa mengeksplore ilmunya secara mandiri.

Metode pengembangan yang ditawarkan pada mata Logika Pemrograman adalah dengan menggunakan metode pembelajaran Blended Learning. Metode ini diimplementasikan berdasarkan adanya program hibah pengajaran yang diberikan oleh Program Studi Teknik Industri tahun ajaran 2019/2020. Program ini sebagai sarana mendorong dosen untuk dapat lebih berkreasi dengan pelaksanaan mengajar dikelas. Terutama dengan tatap muka dikelas hanya menghasilkan pembelajaran 1 arah saja dikarenakan kebanyakan mahasiswa yang tidak aktif dikelas. Hal ini mendorong mahasiswa tidak memiliki kemandirian terutama dalam keilmuan.

Logika Pemrograman

Matakuliah logika pemrograman merupakan salah satu matakuliah wajib semester 2 di Jurusan Teknik Industri yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa agar dapat menghadapi perkembangan industry 4.0. Pada matakuliah ini mahasiswa akan mempelajari bagaimana memecahkan masalah sesuai dengan Langkah-langkah yang baik menggunakan kaidah-kaidah pembuatan algoritma dan kemudian mengimplementasikan kedalam Bahasa pemrograman.

Pada matakuliah ini, Bahasa pemrograman yang digunakan yaitu Bahasa pemrograman python. Bahasa pemrograman python merupakan Bahasa pemrograman yang popular saat ini. Terutama dalam implementasinya pada bidang data science. Selain itu Bahasa pemrograman python sangat mudah untuk dipelajari.

Implementasi Blended Learning pada matakuliah Logika Pemrograman

Dari model pembelajaran blended learning pada mata kuliah logika pemrograman, telah dihasilkan media pembelajaran yang diunggah pada akun Youtube Channel Abdullah Azzam dan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada mahasiswa khususnya pada praktek implementasi algoritma ke dalam Bahasa pemrograman python. Karena dengan media pembelajaran video mahasiswa dapat lebih fleksibel dalam mempelajari praktek Bahasa pemrograman python. Kendala saat dikelas dimana praktek hanya bisa dilakukan satu kali dapat diatasi dengan media video dimana mahasiswa dapat mengulang-ulang materi agar dapat lebih memahami bagaiaman mengimplementasikan Bahasa pemrograman.

Tampilan Media Pembelajaran Video

Bagaimana kesan Mahasiswa Terhadap Metode Pembelajaran ini?

Mahasiswa sudah merasa puas dengan media pembelajaran yang telah diberikan pada matakuliah logika pemrograman.  Mahasiswa berharap agar studi kasus yang diberikan khususnya pada materi implementasi Bahasa pemrograman bisa lebih diperbanyak jumlahnya, agar mahasiswa dapat lebih memahami materi tersebut.

 

Abdullah ‘Azzam, S.T., M.T

Dosen Teknik Industri

Universitas Islam Indonesia