,

Mengenal Corporate Culture

Mengenal Corporate Culture

Tak kenal maka tak sayang, saat ingin menjadi salah satu bagiannya, maka baiknya melakukan pendekatan. Salah satu caranya dengan mengenal Corporate Culture atau budaya perusahaan. Setiap hari para pegawai berhadapan dengan budaya perusahaan, seperti Honda dan Panasonic dengan budaya tradisionalnya atau Apple dengan informalitynya.

Konsep budaya sendiri diciptakan untuk ‘mewakili’ sesuatu dalam bentuk luas dan holistik. Hal kecil seperti aturan berpakaian, jam kerja, SOP, tunjangan pegawai, hingga cara memperlakukan klien merupakan cerminan dari budaya yang ada pada perusahaan.

Budaya perusahaan sejatinya tidak jelas, terkadang diperlihatkan kadang juga tidak. Terbentuk dari sebuah naluri para pegawai, kebiasaan berulang, dan respon emosional. Budaya memliki kekuatan juga konsekuensi yang besar, terlebih saat budaya perusahaan sudah mendarah-daging. Perusahaan dapat dengan sigap mengambil tindakan yang terkoordinasi dengan baik untuk setiap masalah yang menimpa. Selain itu, budaya perusahaan dapat mengarahkan pegawai untuk meningkatkan kemampuannya pada setiap tahap yang ditempuh.

Budaya ini dapat juga menjadi penghambat produktivitas dan komitmen emosional yang merusak kesuksesan jangka panjang. Karenanya, mencoba mengubah budaya yang salah secara signifikan, jauh lebih baik untuk berkonsentrasi pada perubahan perilaku karena budaya perusahaan lebih nyata dan terukur. Karena sejatinya budaya tidak berubah secara otomatis tetapi cenderung mengikuti perubahan situasi dan perilaku pegawainya.

Sumber :

  1. https://www.investopedia.com/terms/c/corporate-culture.asp#:~:text=Corporate%20culture%20refers%20to%20the,the%20people%20the%20company%20hires.
  2. https://www.youtube.com/watch?v=gficoigz1xs

Penulis

Putri Shafira Carolina