,

Social Commerce sebagai Era Baru Bisnis Digital

Monthly Webinar 2 tentang Social Commerce oleh Agus Mansur

National Monthly Webinar Teknik Industri UII kembali terlaksana untuk kali kedua. Acara pada Jumat (7/6) ini mengangkat tema “Social Commerce: A New Era For Digital-Based Business and Supply Chain Management Challenges”. Kegiatan berlangsung secara online via Zoom Meeting dan diikuti oleh 92 peserta.

Akmal Faiq selaku MC membuka kegiatan pada siang hari tersebut dengan melafazkan basmalah dan membacakan susunan acara. Selanjutnya, Didin Dwi Novianto, S.T., M.LSCM., sebagai moderator memberi sedikit pengantar dengan membacakan CV dari narasumber.

Social commerce telah mengubah paradigma konvensional tentang berbelanja secara online, masyarakat tidak hanya sebagai konsumen pasif tetapi juga menjadi bagian dari proses penjualan dengan berinteraksi secara aktif,” ucap beliau sebagai pembuka.

Monthly Webinar Social Commerce

Lebih lanjut, acara masuk ke sesi utama yaitu penyampaian materi oleh Dr. Ir. Agus Mansur, S.T., M.Eng.Sc IPU, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya FTI UII. Social commerce sendiri memiliki dua kata kunci utama, yaitu social interactions dan user contributions. Kedua hal tersebut yang membedakan antara social commerce dengan e-commerce. Media sosial adalah platform yang dapat membuat customer lebih “dekat” dengan produk. Hal ini dilakukan melalui fitur-fitur mereka, seperti komentar, review, rekomendasi, dan berbagi konten. Selain itu, fitur toko online seperti “Buy Now” dan iklan yang muncul akan sesuai dengan preferensi masing-masing customer.

Maraknya social commerce tentunya berdampak kepada supply chain dan distribusi produk. “Bisa saja peminat dari social commerce sangat banyak, tetapi karena tidak bisa memenuhi demand malah akan menjadi boomerang,” terang beliau. Oleh karena itu, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu bagaimana fluktuasi demand dari pengaruh komentar positif atau negatif di media sosial serta supply chain harus memiliki kemampuan agile dan responsive.

Setelah penyampaian materi selesai, moderator memandu sesi diskusi dan tanya jawab dengan para peserta. Terakhir, acara tersebut dirampungkan dengan foto bersama sebagai dokumentasi.

Salwa Nur Rahma