,

IUP IE UII News: Simulation Game sebagai Modal Strategi Supply Chain Terbaik

game simulation ti uii

Program Studi Teknik Industri Program Internasional berkolaborasi bersama Inchainge Netherland, National Taiwan University of Science and Technology (NTUST), dan Industri Lokal & UMKM melaksanakan program Summer Course 2023 secara daring pada (03/08). Program pelatihan ini diikuti oleh 16 mahasiswa dengan tujuan mempelajari business game simulation pada supply chain senyata mungkin.

Pelatihan tersebut dibimbing langsung oleh Danang Setiawan, S.T., M.T. dan Putri Dwi Annisa, S. T., M.Sc., menggunakan website Inchainge dengan fitur The Fresh Connection. The Fresh Connection atau The Ultimate Value Chain Experience merupakan game simulasi bisnis berbasis web inovatif yang melibatkan peserta dalam mengoperasikan sebuah perusahaan virtual.

Cara kerja dari simulasi tersebut dengan membangun tim yang terdiri dari 4 peserta yang harus mengembalikan kinerja perusahaan yang menurun agar dapat berjalan secepat dan seefisien mungkin. Setiap keputusan yang diambil oleh masing-masing peserta akan berdampak pada keseluruhan bisnis dan value chain.

Pelaksanaan simulation game tersebut dipecah menjadi 6 ronde dengan 7 modul yang mewakili berbagai topik dalam supply chain. Sebagai awalan, peserta dibagi ke dalam breakout room untuk menentukan masing-masing role dalam perusahaannya, yaitu menjadi VP Purchasing, VP Operations, VP Supply Chain, dan VP Sales. Setiap role yang ada perlu berjalan dengan selaras agar dapat meningkatkan Supply Chain Management perusahaan.

Pada setiap ronde seluruh tim diminta untuk menyelesaikan studi kasus yang diberikan. Kedua pembimbing memandu masing-masing tim dengan memasuki breakout room satu persatu. Di akhir ronde, tiap-tiap tim mempresentasikan hasil diskusinya dari ronde 1 sampai 6 dengan sesi QnA selama 10 menit.

Pada penghujung program pelatihan, diperoleh hasil akhir pelatihan business game simulation tersebut dimenangkan oleh Tim 1 yang mencapai ROI sebesar 0,92%. Kemudian, disusul oleh Tim 3 dengan ROI sebesar -2,21%, Tim 2 dengan ROI sebesar -5%, dan Tim 4 dengan ROI sebesar -13,08%.