Sekilas Tentang Program Studi Teknik Industri

Program Studi Teknik Industri berdiri sejak tahun 1982, dan sejak tahun 2003 sampai saat ini masih meraih akreditasi dengan nilai dari Badan Akreditasi Nasional dan telah menghasilkan ribuan alumni yang bekerja di sektor swasta maupun pemerintah. Kurikulum Program Studi Teknik Industri dirancang berbasis system manufaktur dan jasa yang disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi yang cepat dan secara global mempengaruhi perilaku manusia dan dunia industri.

 
Pemilihan sistem manufaktur sebagai model pembelajaran dikarenakan jenis dan sifat permasalahan dalam system manufaktur dapat memberikan gambaran yang cukup jelas/lengkap tentang konsep dan aplikasi dari masing-masing pilar utama (Production Engineering, Operational Science, Ergonomic/Human Factor Engineering) serta fungsi dari ketiga pilar tersebut. Sedangkan sistem industri jasa dapat mengadopsi sistem industry manufaktur dan melengkapi model pembelajaran yang belum ada dalam sistem industri manufaktur. Berdasarkan latar belakang inilah sistem manufaktur merupakan objek bahasan/model pembelajaran di Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia. Sistem pembelajaran program Studi Teknik Industri mengacu pada pembelajaran aktif (active learning) yang didukung oleh dosen-dosen tetap maupun tidak tetap yang sebagian besar berpendidikan S2 dan S3 serta sarana gedung yang megah dan nyaman. Perpustakaan sebagai pendukung sistem pembelajaran mempunyai ribuan judul buku dan jurnal dan dengan fasilitas pelayanan yang optimal, di buka dari pagi sampai sore hari. Fasilitas ini setiap tahun selalu dikembangkan dengan anggaran dana yang memadai.
  
Program Studi Teknik Industri mempunyai 7 (tujuh) laboratorium yang dikelola secara profesional untuk pelayanan praktikum, penelitian (baikdosen maupun mahasiswa) serta pelatihan. Fasilitas dan peralatan selalu dikembangkan setiap tahun melalui dana pengembangan laboratorium maupun Tri Dharma Perguruan Tinggi. Ketujuh laboratorium tersebut adalah: (1) Laboratorium Sistem Manufaktur, (2) Laboratorium Analisis Perancangan Kerja dan Ergonomi (APK & E), (3) Laboratorium Data Mining, (4) Laboratorium Pemodelan dan Simulasi Industri, (5) Laboratorium Enterprice Resource Planning (ERP), (6) Laboratorium Innovasi dan Pengembangan Organisasi dan (7) Laboratorium Perancangan Sistem Industri Terpadu. Dengan sarana dan pra sarana yang tersedia di program Studi Teknik Industri, direncanakan setiap mahasiswa dapat menyelesaikan studinya dalam waktu 4 sampai 4,5 tahun.